Rabu, 20 Januari 2016

Spinner Peniris Minyak

Keripik merupakan sejenis olahan berbahan singkong ataupun buah dengan bentuk tipis dan renyah. Kerenyahan keripik menjadi sebuah keharusan karena jika tidak, rasanya akan menjadi kurang enak. Berbagai industri rumahan kini sedang ramainya memproduksi keripik dengan berbagai jenis mulai dari keripik bercitarasa pedas hingga keripik buah yang menyehatkan. Kesemua keripik tersebut harus tersaji dalam keadaan renyah hingga ke tangan konsumen.

Keripik sendiri bermula dari kebosanan masyarakat untuk mengolah umbi singkong yang setiap hari hanya digoreng tebal ataupun direbus. Sedangkan semakin hari, produksi singkong terus bertambah. Hal inilah yang memunculkan ide untuk mengawetkan singkong secara alami dengan menggunakan sistem keripik. Berbagai buah pun yang telah mengalami panen cukup banyak, akan amat sayang jika tergeletak dan tak terkonsumsi dengan cepat sehingga memunculkan ide untuk membuat buah tersebut awet.

Proses pembuatan keripik terbilang cukup sederhana dan bisa bersifat industri rumahan. Singkong yang dahulu hanya dikonsumsi untuk mereka yang berada di pedesaan, disulap menjadi sebuah sajian yang nikmat dan diminati oleh seluruh masyarakat perkotaan. Terlebih lagi pada remaja yang senang dengan mengemil bercitarasa asin dan pedas.

Pembuatan Keripik Singkong

Salah satu yang selalu diminati adalah keripik singkong. Pembuatannya pun cukup sederhana yaitu dengan mencari singkong berkualitas baik. Setelah itu kupas kulit singkong sehingga hanya tertinggal bagian dalamnya saja. Iris singkong tersebut dan sebaiknya menggunakan mesin perajah singkong agar ukuran tipis pada keripik singkong bisa sama karena akan berpengaruh pada proses penggorengan.

Rendam irisan singkong tersebut pada air yang telah dicampur dengan bumbu tertentu seperti garam dan yang lainnya. Setelah ditiriskan, goreng irisan singkong tersebut pada wajan yang berisi penuh minyak goreng. Angkat keripik singkong tersebut dan tiriskan. Setelah cukup dingin, masukkan kedalam mesin peniris minyak untuk menghilangkan kadar minyak berlebih pada keripik. Setelah itu lakukan pengemasan sambil ditimbang agar bobotnya sama. Lakukan pengepresan pada lubang kemasan dengan menggunakan mesin press dan keripik singkong pun siap dipasarkan.

Tips Menjaga / Membuat Keripik Renyah:

Pilihlah Singkong Yang Berkualitas

Hal ini sangat penting karena singkong adalah bahan utama keripik. Kadang ada pula singkong yang terlalu tua dan teksturnya keras jika digoreng. Maka dari itu, pilihlah  singkong yang baik  karena singkong yang baik akan menghasilkan produk yang baik pula.

Ketebalan Keripik

Usahakan untuk menentukan ketebalan keripik yang pas. Jangan sampai terlalu tebal, namun juga tidak terlalu tipis.

Penggorengan Keripik

Pastikan sebelum keripik digoreng, minyak dalam wajan sudah sangat panas dengan menggunakan api yang sedang. Jika terlalu panas, maka akan cepat gosong dan tampilannya menjadi kurang menarik.

Penggunaan Mesin Peniris Minyak

Kerenyahan tergantung dari sedikitnya kadar minyak pada keripik. Oleh karena itu sebisa mungkin menggunakan  mesin peniris minyak atau spinner agar kadar minyak bisa hilang dan keripik pun akan renyah dalam jangka waktu yang lama.

mesin pengering minyak pada kerupuk,mesin pengering minyak pada keripik,mesin pengering minyak untuk keripik,mesin pengering minyak pada gorengan,mesin pengering minyak goreng murah
Spinner Peniris Minyak

Pengemasan Yang Rapat

Terakhir adalah pengemasan. Gunakan media kemas yang kedap udara seperti plastik aluminium dan tutup kemasan dengan menggunakan pengepresan elektrik sehingga kemasan dapat tertutup rapat.

Untuk itulah pemakaian mesin  spinner akan selalu dibutuhkan dalam setiap produksi keripik. selain bermanfaat bagi produksi, memakai mesin spinner juga dapat mendatangkan banyak keuntungan dalam segi kesehatan. Mengonsumsi keripik tanpa minyak pasti tidak akan membuat kita khawatir pada sejumlah penyakit.

Kami PT. Maxzer Solusi Steril Malang Jawa Timur, menyediakan mesin peniris minyak untuk menunjang usaha anda. Produk kami hadir dalam berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan produksi anda. Tersedia mesin spinner dalam ukuran jumbo hingga mini yang dapat dioperasikan dalam mode manual maupun otomatis. Mesin spinner kami terbuat dari stainlees steel standard food grade yang aman dan dijamin tahan lama . Kami menjamin kualitas produk kami sampai ke tangan anda. PT. Maxzer Solusi Steril Malang Jawa Timur telah berpengalaman dalam produksi berbagai macam mesin baik skala rumah tangga maupun industri.

Untuk pemesanan silahkan hubungi:
  
PT.Maxzer Solusi Steril Malang Jawa Timur
Bapak Mubarok
No.Telp: 0857-1359-7559
PinBB: 51EBA220
Email: maxzersolusisteril@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar